Bedah Buku “Bekerja Ala Jepang” oleh PPI Nara Osaka

17 June 2014
1375 Views

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, hari Minggu tanggal 9 Maret 2014, PPI Osaka Nara bekerja sama dengan Enjinia Nusantara mengadakan acara bedah buku “Bekerja Ala Jepang.”, buku yang mendapat testimonial dari Mantan Presiden RI, Prof. Dr. –Ing, B.J. Habibie. Dibawah koordinator dari salah satu anggota PPI Osaka-Nara, Agung Setiadi, acara bedah buku “Bekerja Ala Jepang” yang diterbitkan oleh Pena Nusantara ini berlangsung di Taiyo no Ie, Osaka, dan dihadiri sekitar lebih dari 34 peserta baik dari kalangan pelajar Indonesia yang sedang menempuh studi di Jepang, maupun yang sudah bekerja di perusahaan-perusahaan Jepang. Acara ini menjadi sangat menarik karena diskusi antara peserta dan penulis buku “Bekerja Ala Jepang” dari tim Enjinia Nusantara yang diwakili oleh Bapak Abdi Pratama, Bapak Adrian Rabuna, Bapak Nadhif Rahmawan, dan Bapak Farid Triawan ini membahas secara rinci mulai dari latar belakang pembuatan buku ini sampai dengan misi-misi untuk memajukan Indonesia.
masAbdi

Di awal acara, Bapak Abdi Pratama yang saat ini menjadi ketua dari Enjinia Nusantara tersebut menceritakan awal mula mengapa buku ini penting untuk diterbitkan. Berawal dari tahun 2012, adanya sebuah pemikiran bahwa industri nasional harus bangkit diantara banyaknya perusahaan asing yang menjamur di Indonesia. Sehingga pada tanggal 1 September 2012, dibentuklah komunitas para profesional yang sedang berkarya di perusahaan-perusahaan Jepang bernama Enjinia Nusantara. Nama “Enjinia” berasal dari kata engineer dan engine yang merupakan insinyur dan mesin penggerak, sedangkan “Nusantara” adalah istilah untuk tanah air Indonesia itu sendiri, sehingga secara keseluruhan Enjinia Nusantara memiliki makna yaitu suatu komunitas yang ingin menjadi salah satu motor penggerak bagi kemajuan Indonesia. Enjinia Nusantara mempunyai misi diantaranya: pengoptimalan pengalaman dan ilmu yang diperoleh dari dunia industri Jepang dan sebagai residen di Jepang; memformulasikan konsep Independency of National Industry melalui cluster-cluster seperti Development, Marketing Plan, Production, Quality, dan lain-lain; dan pembangunan kerja sama dengan berbagai lembaga profesional baik di dalam maupun luar negeri. Untuk mewujudkan misi-misi tersebut salah satu strategi yang diambil oleh Enjinia Nusantara ini adalah penerbitan buku bersama yaitu buku “Bekerja Ala Jepang” yang diterbitkan pada tahun 2013. Buku ini adalah salah satu output dari komunitas Enjinia Nusantara itu sendiri dan sebagai media untuk menyampaikan ide dan konsep sebuah kemandirian industri.

Pembicara selanjutnya, Bapak Nadhif Rahmawan, kemudian membahas poin-poin penting dari buku “Bekerja Ala Jepang” yang menjadikan buku ini wajib dibaca bagi yang ingin bekerja di perusahaan Jepang. “Bekerja Ala Jepang” atau dalam bahasa Jepangnya adalah “Hataraki bunka” memiliki makna yang filosofis bagi masyarakat Jepang. Di buku tersebut akan dibahas secara rinci tentang makna sebuah pekerjaan, budaya kerja sebagai pilar perusahaan, budaya kerja hanya di Jepang, dan dinamika kehidupan di luar kantor. Buku ini ditulis oleh para anggota dari tim Enjinia Nusantara diantaranya tentang pengalaman selama bekerja di perusahaan Jepang dan keunikan budaya bekerja masyarakat Jepang berdasarkan kisah nyata dari para penulis.

Di akhir acara, tim Enjinia Nusantara membagi-bagikan 5 buku “Bekerja Ala Jepang” kepada peserta yang menanyakan pertanyaan unik dan menciptakan atmosfir diskusi yang menjadikan acara bedah buku tersebut menjadi sangat menarik.

Bedah buku Bekerja Ala JepangFoto kebersamaan peserta dan pembicara bedah buku “Bekerja ala Jepang”

Penulis: Widhi Dyah Sawitri
Sumber: http://ppion.org/bedah-buku-bekerja-ala-jepang/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>