Kemenkop & UKM – EN dorong ‘Monozokuri” Indonesia

20 July 2014
1088 Views

Dengan Menkop UKM 2

Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan meminta profesional muda Indonesia di Jepang melalui komunitas Enjinia Nusantara (EN) untuk bersama-sama membantu pengembangan produk inovasi nasional pada pertemuan terbatas yang diadakan di Tokyo, 18 Juli 2014.

Pertemuan yang dihadiri oleh perwakilan Enjinia Nusantara ini menghasilkan nota kesepakatan bersama untuk memilih beberapa prototipe produk inovasi unggulan di dalam negeri untuk kemudian dimatangkan dengan sentuhan monozukuri ala Jepang agar memiliki daya saing internasional dan siap diproduksi massal. EN diharapkan menjadi motivator sekaligus eksekutor di dalam mengawal produksi pilihan itu.

“Kami di Jepang sangat bersemangat ingin membantu pengembangan produk-produk nasional agar bisa bersaing global di dunia internasional. Kami akan kerahkan segenap pengalaman dan pengetahuan yang kami peroleh selama bekerja di Jepang untuk membantu produk inovasi tanah air”, ujar Abdi Pratama yang merupakan ketua umum Enjinia Nusatara melalui keterangan persnya, Minggu (20/07/2014).

Proses teknologi transfer dari Jepang ke Indonesia ini diharapkan dapat berjalan secara lebih efektif dan efisien karena dilakukan dengan mempertemukan secara langsung para calon pelaku industri di Indonesia dengan para profesional yang berpengalaman di Jepang.

“Kami berharap semangat monozukuri EN dalam membangun industri nasional yang tangguh ini menjadi gerakan nasional yang dapat menjadi inspirasi seluruh elemen untuk bersinergi menyatukan kekuatan bersama” ungkap Syarief Hasan 

Kerjasama ini akan diawali dengan memilih prototipe produk-produk inovasi melalui lomba inovasi produk yang sedang diselenggarakan oleh Enjinia Nusantara.  “Secara konkrit Kemenkop UKM akan siap menjadi partner di dalam mewujudkan produk inovasi nasional yang dibanggakan” tambah Muhammad Taufiq staf ahli Menteri Bidang Pengembangan Iklim Usaha dan Kemitraan

Pertemuan yang juga dihadiri oleh I Wayan Dipta Deputi Menteri Bidang Produksi ini lakukan dalam suasana yang akrab dan hangat.  Beliau juga sangat antusias dengan program EN-GO yang diusulkan oleh EN melalui penjelasan dari Riza Alaudin Syah yang juga iOS Software Engineer di Kii corporation.

Abdi mengatakan, “Insya Allah bulan November tahun ini kita sudah bisa melihat produk-produk unggulan apa saja yang akan dibimbing pengembangannya sampai bisa menjadi produksi massal, EN akan siapa menjadi salah satu pendamping mewujudkan cita-cita itu”.

Monozukuri sendiri berasal dari kata “mono” berarti produk atau barang dan “zukuri” yang berarti proses pembuatan, penciptaan atau produksi. Namun lebih dari itu konsep ini mengandung makna semangat untuk mencipta dan memproduksi produk-produk unggul serta kemampuan terus menerus menyempurnakan proses dan sistem produksinya.

http://krjogja.com/read/223757/kemenkop-dan-ukm-enjinia-nusantara-dorong-monozukuri-indonesia.kr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>