Lomba Inovasi Produk Enjinia Nusantara - エンジニア ヌサンタラ (LIPEN)

logo_lipen v4

Juara 1

10 Juta dan Sertifikat

Juara 2

5 Juta dan Sertifikat

Juara 3

2,5 Juta dan Sertifikat

POSTER-LIPEN-v201402021
Dalam rangka mempercepat kebangkitan industri nasional Indonesia yang kuat dan mandiri, tidak dapat dipungkiri lagi Indonesia sangat membutuhkan ribuan ide produk kreatif dan inovatif untuk menciptakan produk-produk asli buatan dalam negeri yang bermanfaat dan tepat guna bagi masyarakat Indonesia serta mampu bersaing dengan produk-produk luar negeri dari segi kualitas, keandalan dan tentu juga harganya.

Enjinia Nusantara (EN) yang merupakan perkumpulan profesional Indonesia yang bekerja di Jepang merasa ikut bertanggung jawab terhadap terwujudnya mimpi di atas. Oleh karena itu, EN mengambil langkah aktif untuk mengundang seluruh generasi muda Indonesia untuk berpartisipasi dalam lomba inovasi produk buatan dalam negeri demi memajukan industri Indonesia.

  • Tujuan
    1. Mencari bibit-bibit SDM unggul yang mampu menciptakan dan melahirkan produk-produk kreatif dan inovatif buatan dalam negeri.
    2. Mencari ide produk-produk kreatif dan inovatif yang berpotensi untuk dikembangkan, dipatenkan, dan dikomersialisasikan.
  • Outcome
    Mempertemukan para pemenang lomba dengan calon-calon investor dalam dan luar negeri, atau industri strategis sehingga produk tersebut dapat dikembangkan lebih jauh, dan SDM berpotensi dapat dibina dengan baik.

Para Partisipan (saran: Mahasiswa S1, D3 atau sederajat) dapat menyimak alur LIPEN 2014 berikut ini:

Timeline-perlombaan_20140202

  1. Produk IT (Information Technology)
    - Aplikasi mobile
    Pada kategori ini, yang dikompetisikan adalah applikasi smartphone yang belum dirilis di pasar applikasi (appstore, google play) dan memiliki fungsional yang memadai serta miliki user experience yang bagus. Jenis applikasi yang diperbolehkan bebas, namun tidak diperbolehkan melanggar norma-norma agama, kesusilaan dan politik praktis.
    - Internet of things
    Pada kategori ini, peserta diharapkan merancang kombinasi hardware dan software yang terkoneksi dengan internet serta harus memiliki fungsional yang memadai dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Internet of thing dapat dicontohkan seperti ; Smart thermostat yaitu perangkat pengatur suhu pintar yang terkoneksi dengan internet ; Smart gesper yaitu ikat pinggang pintar yang bisa memberikan statistik kesehatan penggunanya; dan lain sebagainya.
  2. Produk hemat energi dan ramah lingkungan

    Krisis energi adalah problematika mendasar yang dialami oleh negara-negara di dunia termasuk Indonesia karena energi memang memegang peranan yang sangat penting dalam pengembangan dan penggerakan ekonomi nasional. Pengembangan produk hemat energi sebagai salah satu alat untuk menekan beban atau biaya energi listrik sangatlah dibutuhkan di tengah-tengah masyarakat.  Selain itu produk tersebut juga harus mampu bersinergi dengan lingkungan. Alasannya sangat nyata, yaitu masalah-masalah global yang sedang dihadapi negara-negara di dunia seperti pemanasan global akibat menipisnya lapisan ozon dan pencemaran lingkungan oleh sampah-sampah atau limbah-limbah pabrik dan rumah tangga.

  3. Produk rumah tangga yang serba guna

    Perkembangan gaya hidup saat ini mendorong kita menjadi manusia yang dinamis dan berusaha menggunakan waktu seefektif dan seefisien mungkin di sela-sela banyaknya tuntutan aktivitas dan pekerjaan. Dengan berkembang pesatnya teknologi, adanya produk rumah tangga yang serba guna akan memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dasar di sela-sela kesibukan sehari-hari.

Dalam masing-masing kategori diharapkan akan terlahir produk-produk yang nantinya mampu untuk menjawab kebutuhan masyarakat dan menjadi produk kebanggaan dalam negeri.

  1. Cara Pendaftaran
    Silakan mendaftarkan timnya melalui website Enjinia Nusantara, www.enjinianusantara.org.
    *Pendaftaran dilakukan secara online.
  2. Kirim proposal ide Anda ke alamat email di bawah ini
    File yang dikirim harus dalam format pdf. Tim yang mengirim file selain pdf tidak akan diterima oleh panitia. Batas akhir pengumpulan proposal ide tanggal 30 April 2014 pukul 24:00 WIB. Silakan kirim ke  registrasi-lipen[at]enjinianusantara.org       *ganti [at] dengan ‘@’ tanpa single quote.
  3. Persyaratan Peserta yang Mengikuti LIPEN
    1. Peserta adalah Warga Negara Indonesia yang terdaftar sebagai mahasiswa S1 atau D3 yang sedang melakukan studi di suatu perguruan tinggi di Indonesia.
    2. Peserta adalah tim yang terdiri dari maksimal 5 orang dan dosen pembimbing.
      * Pembimbing adalah dosen yang sedang melakukan tugas mengajar di perguruan tinggi yang sama. Sedangkan untuk jumlah dosen pembimbing tidak dibatasi.
  4. Persyaratan Ide Produk
    1. Ide produk harus bersifat orisinal yang datang atau berasal dari pemikiran anggota tim. Artinya
      ide tersebut bukan meniru ide dari orang lain.
    2. Ide produk boleh bersifat mengembangkan produk yang saat ini sudah ada.
    3. Ide produk harus mencakup atau sesuai dengan kategori yang sedang dilombakan.
  5. Teknis Perlombaan
    Perlombaan terdiri dari 3 tahap yaitu sebagai berikut :

    • Tahap ke-1 (Tahap Seleksi: Kompetisi Ide)
    • Tahap ke-2 (Tahap Seleksi: Kompetisi Produk, Teleconference)
    • Tahap ke-3 (Tahap Grand-final : Presentasi di Jepang (dalam konfirmasi)) 

Kami atas nama Panitia mengucapkan terima kasih atas perhatian dan antusias rekan sekalian terhadap Lomba Inovasi Produk Enjinia Nusantara 2014. Pendaftaran online telah ditutup per 31 Maret pukul 24:00 WIB.

Kami akan menginformasikan tahapan lomba selanjutnya melalui email kepada perwakilan masing-masing peserta lomba.

Salam hangat,

Panitia Lipen 2014
“Dari kita untuk Indonesia”

Apabila ada hal yang ingin ditanyakan terkait dengan lomba silakan lihat halaman berikut:
Pertanyaan Yang Sering Diajukan (FAQ)

Atau, silakan menghubungi panitia melalui email berikut:

maskot-LIPEN

Pertanyaan Yang Sering Diajukan (FAQ)

  1. Apakah dalam satu tim lomba harus dari perguruan tinggi yang sama atau boleh lintas perguruan tinggi? 
    Satu tim boleh berasal dari perguruan tinggi yang berbeda.
  2. Bagaimana dengan format penulisannya, apakah peserta boleh menentukan format tulisannya sendiri? 
    Format tulisan sudah ditentukan oleh panitia. Silahkan download di website www.enjinianusantara.org
  3. Apakah proposal ide dan business plan satu kesatuan atau terpisah? 
    Proposal ide dan business plan adalah satu kesatuan. Namun, untuk business plan, peserta hanya diminta melampirkannya. Dan sifatnya tidak diwajibkan
  4. Apa boleh satu tim melakukan pengiriman lebih dari satu produk?
    Boleh.
  5. Apa boleh satu orang mendaftar di lebih dari satu tim?
    Boleh
  6. Apakah produk yang sudah dibuat dalam bentuk prototype atau dalam tahap pengembangan dapat diikutsertakan dalam lomba ini? 
    Boleh. Tapi, kalau produk sudah dikomersialkan, maka tidak diperbolehkan untuk mengikuti lomba ini.
  7. Apakah diperbolehkan untuk mendaftarkan dosen pembimbing dari universitas lain (luar negeri) yang saat ini dosen tersebut merupakan visiting professor? 
    Boleh.
  8. Bagaimana apabila saya baru saja lulus dan beranggotakan teman-teman mahasiswa yang masih S1 dan D3, apakah diperbolehkan ikut dalam lomba ini? 
    Tidak bisa. Karena semua anggota tim harus masih berstatus mahasiswa per April 2014.
  9. Yang diikutsertakan dalam lomba ini apakah harus berupa produk atau hanya sebatas ide saja? 
    Produk yang masih dalam tahap Ide boleh mengikuti lomba, namun akan diminta merealisasikan produknya pada tahap seleksi selanjutnya.
  10. Apakah saya masih boleh ikut lomba jika saat mendaftar masih mahasiswa, tapi akan segera lulus dalam periode perlombaan? 
    Anda boleh ikut. Karena semua anggota tim harus masih berstatus mahasiswa per April 2014.
  11. Jika saya memiliki produk yang tidak yakin masuk ke dalam kategori lomba, apakah masih diperbolehkan ikut? 
    Silahkan mengajukan proposal ide anda sesuai buku petunjuk. Jika tidak bisa menentukan kategori lomba, Panitia Enjinia Nusantara yg akan menentukan kemudian.