Profil EN

Pertemuan anggota EN Perdana

Enjinia Nusantara (EN) adalah komunitas yang beranggotakan para profesional yang bekerja dan berkarya di dunia industri di Jepang. Komunitas ini resmi didirikan pada tanggal 1 September 2012 di kota Hamamatsu, Jepang. Enjinia Nusantara terdiri dari 2 kata yaitu “Enjinia” yang berarti engineer dan engine (insinyur dan mesin penggerak) dan “Nusantara” yaitu tanah air Indonesia. Sehingga EN mempuyai arti komunitas yang ingin menjadi salah satu motor penggerak bagi kemajuan bangsa.

EN dibentuk dalam sebuah kesatuan visi, yaitu ikut memajukan bangsa melalui kontribusi di dalam merealisasikan Independency of National Industry dan menjadi duta penghubung antara Indonesia dan Jepang, khususnya di bidang keindustrian. Komunitas EN beranggotan putra-putri nusantara yang pernah mengenyam pendidikan baik Diploma, Sarjana, Master, ataupun Doktor di salah satu universtas di Jepang dan kemudian melanjutkan bekerja sebagai profesional di industri Jepang.

Pendirian EN dilatarbelakangi oleh adanya urgensi perwujudan kemandirian industri nasional sebagai negara dengan kekayaan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang melimpah. Indonesia mempunyai potensi yang luar biasa dari segi pendayagunaan sumber bahan mentah hingga pangsa pasar yang besar. Namun, sayangnya semua itu belum ditopang oleh kuatnya industri-industri nasional, sehingga hasilnya belum dapat dirasakan penuh oleh rakyat Indonesia. Di satu sisi, semangat membangun industri nasional sudah terlihat tumbuh walaupun belum terorganisasi dengan baik. Keberadaan EN di luar negeri ini diharapkan dapat memberikan kepercayaan diri bahwa nusantara bisa dan siap untuk membangun industri di atas kaki sendiri demi kemanfaatan dan kemakmuran yang sebesar-besarnya untuk rakyat Indonesia.

Kemandirian industri nasional bukan sebuah impian lagi namun sudah menjadi tantangan di depan mata yang harus segera direalisasikan. Melalui kerja sama dan sinergitas dengan seluruh elemen kami berharap EN dapat menjadi bagian dari gerakan pewujudan itu.

Salam Enjinia.

Berkarya

Bermanfaat

Berdikari

Dinamis